Selasa, 20 Oktober 2009

patrilinial Batak


ADAT PATRILINIAL DI SUKU BATAK


Patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Kata ini seringkali disamakan dengan patriarkhat atau patriarkhi, meskipun pada dasarnya artinya berbeda. Patrilineal berasal dari dua kata, yaitu pater (bahasa Latin) yang berarti "ayah", dan linea (bahasa Latin) yang berarti "garis". Jadi, "patrilineal" berarti mengikuti "garis keturunan yang ditarik dari pihak ayah".

Sementara itu patriarkhat berasal dari dua kata yang lain, yaitu pater yang berarti "ayah" dan archein (bahasa Yunani) yang berarti "memerintah". Jadi, "patriarkhi" berarti "kekuasaan berada di tangan ayah atau pihak laki-laki".

Dalam hal ini kekuasaan sepenuhnya ditangan oleh laki2....pada dasarnya sistem keturunan patrilinial ini garis keturunan akan menuruti alur dari pihak laki-laki.Seperti halnya sistem keturunan di bangsa tionghoa.dimana bioa satu keluarga tidak memiliki keturunan atau anak laki-laki maka putuslah garis keturunan.

Dan dalam pembagian warisan pemilik sah dari harta yang ditinggalkan adalah anak laki-laki atau saudara laki-laki yang masih hidup,disini perempuan tidak mempunyai hak untuk harta tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar